Keterangan :
Jasa pelayanan konsultasi/fasilitasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi klien supaya 1) kelembagaan dan manajemen organisasi berkembang menjadi organisasi yang demokratis dan efektif; 2) mengembangkan sistem perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan monitoring program sesuai konteks, visi dan misinya; 3) meningkat kemampuan membaca/menganalisis realitas sosial/konteks, menganalisis potensi diri, merumuskan arah-arah strategis; dan 4) menyusun program kerja serta rencana operasional.
Jenis pelayanan dalam manajemen strategis adalah:
1. Rencana Strategis (Strategic planning);
2. Struktur dan disain organisasi;
3. Manajemen sumberdaya manusia/ ketenagaan;
4. Manajemen sumberdaya keuangan;
5. Prosedur kerja baku (SOP);
6. Partisipatoris monitoring dan evaluasi (PME),
7. Keberlanjutan/kemandirian keuangan.
8. Penyusunan Logical framework dan proposal program serta prinsip-prinsip alokasi sumberdaya;
9. Project assessment;
10. Review periodik program dan evaluasi;
11. Analisis sosial dan riset aksi.